Sabtu, 16 Februari 2019

Furniture kayu sonokeling

Furniture kayu sonokeling


Furniture kayu sonokeling - kayu sonokeling sejak zaman dahulu kala sudah memang terkenal akan kualitasnya yang keras dan tidak mudah dimakan hama. Furniture jenis ini sangat cocok dijadikan sebuah, kursi tamu minimalis, lemari jati, kursi tamu jati dan Lemari minimalis. Dapat dipastikan furniture yang terbuat dari kayu sono atau kayu khas jawa ini akan memiliki ketahanan yang lebih lama jika dibandingkan dengan yang terbuat dari kayu Mindi maupun kayu jati.
Furniture kayu sonokeling dan kualitasnya
Add caption

Hal tersebut dikarenakan adanya zat alami pengusir hama yang terkandung di dalam kayu tersebut. Sehingga membuat apapun jenisnya apapun bentuknya jika terbuat dari kayu khas jawa ini akan sangat kuat dan tahan lama.

Harga furniture kayu sonokeling


Jika dibandingkan dengan furniture yang terbuat dari kayu jati maupun kayu mahoni bahkan kayu Mindi sekalipun. Furniture yang terbuat dari kayu sonokeling ini akan tetap jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan mebel dari kayu standar lainnya. Hal tersebut dikarenakan sulitnya untuk berkembang biak atau membudidayakan jenis kayu ini. Selain itu juga minimnya peternak atau pembudidaya jenis kayu khas jawa ini juga menjadi faktor mahalnya kayu sonokeling ini. Sehingga sulit mendapatkan jenis kayu khas jawa ini, sekalipun bisa mendapatkannya pasti harganya sangat mahal Dan Hampir dua kali lipat dibandingkan dengan kayu jati tua. Hal tersebutlah yang membuat atau faktor utama mahalnya harga furniture dari kayu khas jawa ini.

Selain itu faktor yang mempengaruhi harga furniture jenis ini dipengaruhi pula oleh. Tekstur kayu sonokeling yang memang terkenal keras dan ulet, sehingga akan sulit dipotong maupun diukir. Hal tersebutlah yang menghambat dan memperlambat kerja para tukang Jepara untuk menghasilkan furniture dari kayu sonokeling ini. Sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan pembuatan furniture dari kayu jati maupun kayu lainnya lainnya. Hal tersebutlah yang membuat furniture dari kayu sonokeling ini jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kayu biasa pada umumnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda tentang kayu sonokeling khas jawa tersebut.

Baca juga kerajinan ukiran jepara.